Minggu, 26 Juli 2009

kaya dan miskin : sebuah penjelasan sederhana ide liberalisme

sebenarnya seseorang menjadi kaya raya hartanya ataupun miskin hartanya adalah bukan bergantung pada nasib belaka. seseorang menjadi orang yang kaya raya karena orang tersebut menyadari bahwa dia membutuhkan kekayaan yang lebih untuk memenuhi kebutuhannya dan olehkarenanya dia berusaha sesuai kebutuhannya, sedangkan orang yang puas dengan kemiskinan adalah orang yang juga sadar bahwa dengan hidup miskin kebutuhannya sudah terpenuhi sehingga dia tidak perlu berusaha lebih untuk mendapatkan yang lebih.
jadi, kaya atau miskin adalah pilihan yang dikendalikan oleh alam sadar setiap orang. setiap orang berhak memilih apakah ingin hidup kaya (mendapat lebih namun beresiko) atau ingin hidup miskin (mendapatkan apa adanya namun perasaan tenang dan aman).
karena pada kenyataannya ada orang yang berpotensi untuk menjadi sangat kaya raya yang luar biasa namun ia hanya memilih jadi seorang seniman yang hidup apa adanya. hal ini terjadi karena dia menyadari bahwa menjadi seorang seniman sudah cukup baginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar